Jumat, 10 Oktober 2014

Memilih Jaket Outdoor "Jaket Gunung"




Dengan meningkatnya aktivitas outdoor seperti mendaki gunung, sekarang banyak diproduksi jaket gunung dengan model yang bervariant. Mulai dari bahan sampai merk merk baru bermunculan, ada yang asli atai original dan yang KW atau tiruan pun banyak. Sedangkan aktivitas outdoor itu sangatlah berbahaya dan tidak bisa ditebak keadaan cuacanya. Sebaiknya pilihlah jaket outdoor atau jaket gunung yang benar benar bisa melindungi tubuh kita dari ekstremnya suhu di gunung. Saya akan bagkan pengalaman saya mengenai jaket gunung.

Bahan Jaket
Bahan dalaman jaket yang terbuat dari wool atau polar. Untuk polar pengalaman saya memang sangat mengahangatkan badan di saat suhu yang ekstrem, namun disaat pendakian berjalan bahan polar yang panas akan memicu keringat mengucur terus dan mengakibatkan kita cepat lelah kehabisan cairan. Namun saat suhu ekstrem atau saat digunakan untuk tidur bahan polar nyaman untuk dipakai. Sekarang ada bahan dengan teknologi  GORE-TEX yang nyaman saat dipakai. Melindungi dari dingin namun juga tidak terlalu banyak keringat yang keluar sehingga nyaman saat di pakai. Bahan GORE-TEX juga mampu menahan angin dan tidak mudah menyerap air. Ada pula yang terbuat dari bulu angsa. Saya belum tahu persis tentang bahan ini, sebagian kecil yang saya tahu bahan ini memberikan isolasi maksimal sehingga memberikan perlindungan yang maksimal pula. Biasanya Dipakai saat mendaki gunung yang terdapat salju atau esnya. Kenapa saya tidak tahu ??? karena saya tidak punya, kenapa saya tidak punya ??? karena mahal, saya tidak mampu beli, kenapa saya tidak mampu beli ??? ga usah tanya. . . :p

Model dan Ukuran
Jaket yang baik mempunyai model larva, yang bisa menutup sampai pangkal paha. Pilih yang mempunyai kerah leher yang tinggi, ukuran pergelangan tangan yang bisa di atur besar kecilnya sehingga tak ada celah untuk angin masuk. Yang terdapat kupluk atau penutup kepala. Fungsinya untuk melindungi kepala dan telinga dari suhu dingin, angin, dan air hujan.

Detail Jaket
Banyak yang tidak memperhatikan masalah ini. Lihatlah bagian resletingnya, yang baik adalah yang memiliki lapisan anti air dan anti angin. Dan ada pula yang terdapat penutup lagi di bagian depan resleting. Bagian kantong, di sesuaikan kebutuhan. Yang terdapat terlalu banyak kantong juga akan kurang maksimal perlindunganya. Yang terpenting adalah kantong saku bagian dalam dan bagian samping yang bisa untuk menghangatkan telapak tangan dengan memasukan tangan kedalamnya.




Warna
Usahakan pilih warna terang atau perpaduan terang dan gelap. Fungsinya agar mudah dikenali. Ada orang yang lebih suka dengan warna kalem atau gelap. Yaa itu selera, dan semua resiko ditanggung masing masing.


Merk
Ini nih yang penting, apalagi yang suka fashion and pamer :p . Dari merk luar ada The North Face, Jack Wolfskin, K2, Deuter, Head, Timberland, dll. Untuk merk dalam ada Eiger, Consina, Cozmed,dll


Itu semua tergantung selera, ketahan fisik masing masing orang, dan tentunya budget agan agan masing masing. Selamat berbelanja dan menguras kantong. Tips dari saya untuk yang ber Uang bukan beruang, pas pasan ikuti trik saya berbelanja jaket. Yaitu di awol awol kalau bahasa Yogyanya. .hehe. Awol awol adalah pakaian bekas import, pandai pandailah memilih. Jika untung bisa dapat Merk dewa kualitas bagus dengan harga yang miring seperti kemiringan kalau nanjak puncak Gunung Merapi... J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar